Yuk Bersihkan Usus Dengan 6 Jenis Herbal Ini

Lifestyle  JUM'AT, 11 AGUSTUS 2017 , 00:02:00 WIB

Yuk Bersihkan Usus Dengan 6 Jenis Herbal Ini

Net

RMOL. Usus adalah salah satu organ tubuh yang terdapat di dalam perut. Usus berfungsi sebagai saluran pencernaan pada tubuh manusia.
Jika terjadi suatu masalah pada usus, maka otomatis sistem pencernaan akan terganggu. Usus sangatlah penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan juga bersih dari kotoran yang disebabkan pembuangan makanan yang kita konsumsi .

Usus juga befungsi sebagai penyerapan nustrisi dari makanan yang kita konsumsi. Usus yang kotor akan mengakibatkan kita terserang gangguan pada pencernaan, seperti halnya susah buang air besar dan juga sembelit.

Kebanyakan orang akan mengonsumsi obat pencuci perut untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada usus, namun hal itu tidaklah aman, apalagi jika obat yang dikonsumsi mengandung zat kimia.

Bisa jadi lambung yang akan terkena imbasnya. Kabar baiknya adalah Anda bisa menghilangkan sebagian besar masalah pencernaan dengan menggunakan ramuan herbal.

Berikut beberapa herbal yang bisa Anda konsumsi secara teratur untuk memperbaiki kesehatan pencernaan, seperti dilansir laman Care2. Senin (7/8).

1. Jahe.

Jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk meringankan gangguan pencernaan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa jahe bisa membantu mengatasi mual dan muntah.

Dan tidak seperti kebanyakan obat-obatan buatan, jahe tidak menyebabkan kantuk atau efek samping lainnya. Tambahkan jahe segar ke makanan Anda saat memasak. Atau taburi bubuk jahe pada makanan sebelum disantap.

2. Kamomil.

Menurut Reader Digest, kamomil adalah salah satu ramuan paling aman. Kamomil memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meringankan masalah gastrointestinal umum. Beberapa masalah pencernaan bisa diobati termasuk kembung, kram perut, mulas dan mual.

Kamomil juga bisa mengatasi kegelisahan/anxiety. Anda bisa mengambil chamomile dalam bentuk kapsul (400 sampai 1600 mg sehari) atau membuat teh chamomile. Beli saja teh chamomile di supermarket.

3. Dandelion.

Studi menunjukkan bahwa daun atau akar dandelion sangat baik untuk pencernaan dan merangsang nafsu makan. Dandelion mempromosikan pelepasan asam lambung dan empedu yang bisa meningkatkan pencernaan.

Ramuan ini juga memiliki nutrisi yang membersihkan hati dan meningkatkan fungsinya. Tambahkan daun dandelion untuk membuat teh. Atau Anda bisa menambahkan daun segar dandelion ke salad.

4. Peppermint.

Studi menemukan bahwa pasien dengan sindrom iritasi usus besar mengalami pengurangan 40 persen pada nyeri perut dan penurunan 50 persen pada kembung setelah mengonsumsi kapsul minyak peppermint.

Dan dalam penelitian di Jerman, peppermint ditemukan mampu menghilangkan gangguan perut pada orang dengan gangguan pencernaan kronis. Peppermint bisa diminum dalam bentuk kapsul atau gunakan teh peppermint.

5. Lemon balm tea.

Ramuan ini telah digunakan bertahun-tahun untuk menjaga pencernaan. Lemon balm tea memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu meredakan kembung, sakit perut dan gas. Membuat teh lemon balm adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan manfaat ini.

6. Bawang putih.

Tahukah Anda bahwa bawang putih bisa membunuh parasit usus? Bawang putih juga bisa mengobati masalah pencernaan lainnya seperti kolitis dan diare. Manfaat lainnya termasuk sirkulasi yang lebih baik, kesehatan kulit yang lebih baik dan kadar kolesterol yang rendah. [fny/jpnn]


Komentar Pembaca
Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

PDIP Sedih Dengan Doa Tifatul

PDIP Sedih Dengan Doa Tifatul

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

Tender BBM Kerdilkan Pertamina

Tender BBM Kerdilkan Pertamina

RABU, 16 AGUSTUS 2017 , 21:00:00

Polisikan Karyawan PUPR

Polisikan Karyawan PUPR

KAMIS, 01 JUNI 2017 , 12:00:00

SABTU, 17 JUNI 2017 , 16:46:00

KAMIS, 15 JUNI 2017 , 20:19:00