Ini Gejala Kehamilan yang Tak Boleh Anda Abaikan

Lifestyle  SENIN, 17 JULI 2017 , 07:55:00 WIB

Ini Gejala Kehamilan yang Tak Boleh Anda Abaikan

Hamil. Foto IST

KEHAMILAN bukan sekadar lingkar pinggang yang meluas. Perubahan hormon selama jabang bayi tumbuh, membawa banyak perubahan pada tubuh si ibu.
Sekitar setengah dari semua wanita hamil mengalami mual dan kadang muntah, yang biasa biasa disebut morning sickness, pada trimester pertama.

Perubahan suasana hati, masalah tidur, sakit punggung bagian bawah dan pembengkakan di kaki juga merupakan ketidaknyamanan umum yang terkait dengan kehamilan.

Tapi tidak peduli berapa banyak yang telah Anda baca tentang kehamilan atau berapa banyak saran yang didapatkan dari ibu atau anggota keluarga, ada beberapa gejala kehamilan yang perlu diperhatikan .

"Setiap wanita berbeda dalam hal kombinasi gejala yang mungkin atau mungkin tidak dirasakannya pada awal kehamilan. Tidak hanya itu, tapi setiap kehamilan bisa memiliki gejala yang berbeda pada individu yang sama," kata OB-GYN di Saddleback Memorial Medical Center di Laguna Hills, Dr. Grace Kong, seperti dilansir laman Sheknows dan JPNN.com, Minggu (16/7).

Berikut ini adalah beberapa tanda awal kehamilan dan kapan harus mengunjungi dokter Anda:

1. Periode terlambat

Periode yang terlambat, itulah yang mendorong sebagian besar wanita menjalani tes kehamilan di rumah. Jika positif, buatlah janji dengan dokter Anda.

Jika positif dan Anda mengalami gejala yang tidak biasa, seperti sakit parah atau pendarahan berat, Kong mengatakan bahwa Anda harus dievaluasi oleh dokter untuk memastikan tidak ada kekhawatiran akan kehamilan abnormal seperti kehamilan ektopik atau keguguran.

2. Nyeri pada payudara

Kong mengatakan bahwa peningkatan kelembutan dan pembengkakan payudara bisa menjadi tanda awal kehamilan.

Tentu saja, hormon yang berfluktuasi bisa menyebabkan perubahan pada payudara Anda sepanjang bulan, tapi jika mereka terasa sangat sensitif, mungkin itu adalah sinyal bahwa Anda sedang hamil.

3. Kelelahan

Tentu, kita semua lelah sepanjang waktu, tapi jika Anda merasa lelah tanpa ada sebabnya, hal tersebut bisa menjadi gejala awal kehamilan, yang menurut Kong mungkin terjadi sejak dini.

4. Mual

Seiring bertambahnya hormon kehamilan, hal tersebut bisa menyebabkan Anda merasa mual atau muntah.


Fase kehamilan ini biasanya terjadi lima sampai enam minggu setelah pembuahan dan meski disebut "morning sickness", hal tersebut bisa terjadi kapan saja, baik siang atau malam.

5. Anda peka terhadap bau

Beberapa bumil menjadi sangat malas makan dan memiliki kepekaan terhadap bau pada awal kehamilan.

Jadi jika Anda biasanya menyukai aroma roti bakar tapi tiba-tiba bau tersebut membuat Anda mual, itu mungkin pertanda bahwa Anda sedang hamil.

6. Pendarahan & kram

Ya, ini kedengarannya seperti sebuah periode, tapi sebenarnya tidak. Menurut Kong, pendarahan, walaupun sedikit dan kram bisa terjadi saat embrio ditanam ke lapisan rahim
.(ahd)


Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

SBY Lebih Suka Jokowi Dibanding Prabowo

SBY Lebih Suka Jokowi Dibanding Prabowo

JUM'AT, 03 NOVEMBER 2017 , 17:00:00

SABTU, 17 JUNI 2017 , 16:46:00

KAMIS, 15 JUNI 2017 , 20:19:00

Dahlan Bersama Pengurus SMSI

Dahlan Bersama Pengurus SMSI

KAMIS, 22 JUNI 2017 , 12:56:00