Perusahaan Tambang Di Babel Fasilitasi Pondok Pesantren Buka Pasar Murah

Daerah  SENIN, 19 JUNI 2017 , 22:19:00 WIB

Perusahaan Tambang Di Babel Fasilitasi Pondok Pesantren Buka Pasar Murah

Foto/IST

RMOL. Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan timah di Bangka Belitung (Babel) memfasilitasi Pondok Pesantren (Ponpes) untuk menggelar pasar murah kepada masyarakat, Senin (19/6). Tak butuh lama, pasar murah Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui CSR beberapa perusahaan langsung diserbu masyarakat yang telah mendapat kupon yang dibeli seharga Rp50.000.
Kepala Disperindag Babel, Yuliswan mengatakan pasar murah Ramadhan diadakan di dua titik, yakni di Ponpes Hidayatussalikin Pangkalpinang dan Ponpes Al Islam Desa Kemuja, Kabupaten Bangka dengan bantuan perusahaan swasta seperti PT Tinindo Inter Nusa, PT Refinet Bangka Tin, PT Artha Cipta Langgeng, CV Ayi Jaya, PT Sukses Inti Makmur, dan PT Sariwiguna Bina Sentosa yang dikoordinasikan oleh Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI).

Dalam kegiatan pasar murah disediakan sebanyak 1500 paket sembako yang dijual dengan harga Rp 50.000. Didalam paket tersebut berisi 2 Kg beras, 2 Kg gula pasir, 2 Kg tepung terigu, minyak goreng dua liter dan 1 botol sirup.


Di Pangkalpinang, hadir Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah memantau pasar murah di Ponpes
Hidayatussalikin. Fatah menyambut baik digelarnya pasar murah ini, sehingga dapat memberikan keringanan beban bagi masyarakat, terutama dalam membeli sembako menjelang Idul Fitri 1438 H.

Fatah mengatakan, pasar murah ini dikelola sepenuhnya oleh pihak pesantren dari pembagian kupon hingga pembelian yang dilakukan masyarakat. Uang yang terkumpul dari penjualan sembako akan dihibahkan untuk kegiatan pondok pesantren. "Pasar murah ini dilaksanakan salah satunya untuk kepentingan para santri di pondok pesantren," jelasnya.

Ia juga mengharapkan, pasar murah pada saat ramadhan ini dapat memberikan stabilitas harga menjelang lebaran, sehingga kebutuhan sembako dengan harga yang stabil mampu memberikan dampak dalam menurunkan tingkat inflasi yang ada di Babel. Terkait dengan harga daging menjelang lebaran Idul Fitri, Abdul Fatah juga menegaskan Pemprov Babel telah melakukan suatu usaha dalam menjaga stabilitas harga daging, terutama daging sapi dengan harga 120 ribu per kg.

Sementara itu, perwakilan Kemendag Suhanto menjelaskan bahwa pasar murah Ramadhan ini dilakukan serentak di 34 provinsi seluruh Indonesia dan bekerjasama dengan perusahaan swasta.

Di Babel, khususnya pasar murah di Ponpes Hidayatussalikin Pangkalpinang diselenggarakan atas kepedulian PT Tinindo Inter Nusa, mengingat Ponpes bersifat mandiri tidak dibiayai pemerintah sehingga PT Tinindo Inter Nusa mengambil bagian dalam membantu masyarakat juga membantu ponpes.

"Jadi perusahaan yang menyediakan sembako untuk masyarakat sekitar namun dikerjakan oleh pihak ponpes. Perusahaan juga menginfaqkan hasil penjualan kepada Pondok Pesantren Hidayatussalikin. Dengan dilakukannya pasar murah dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat begitu juga dengan stabilitas harga pokok dipasaran," ujar Suhanto.[ana]


Komentar Pembaca
AHY Kandidat Terkuat Demokrat

AHY Kandidat Terkuat Demokrat

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 19:00:00

BAZNAS Layani 1.000 Pengungsi Rohingya

BAZNAS Layani 1.000 Pengungsi Rohingya

KAMIS, 19 OKTOBER 2017 , 19:00:00

Forum Wartawan OBOR Diresmikan

Forum Wartawan OBOR Diresmikan

RABU, 18 OKTOBER 2017 , 19:00:00

Buka IMT-GT Join Business Council Meeting 2017

Buka IMT-GT Join Business Council Meeting 2017

RABU, 27 SEPTEMBER 2017 , 09:16:00

Target Tiga Besar

Target Tiga Besar

SENIN, 25 SEPTEMBER 2017 , 20:29:00