Kapolda Akan Tindak Tegas Anggota Brimob Penganiaya Wartawan Antara

Nusantara  SENIN, 19 JUNI 2017 , 21:40:00 WIB

Kapolda Akan Tindak Tegas Anggota Brimob Penganiaya Wartawan Antara

M Iriawan/Net

RMOL. Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Mochammad Iriawan telah menginstruksikan Bid Propam Polda Metro Jaya (PMJ) untuk mengusut kasus penganiayaan yang menimpa wartawan Kantor Berita Antara, Ricky Prayoga (Yoga).
Iriawan menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi tegas jika oknum anggota Brimob yang berlagak seperti preman itu terbukti melakukan pelanggaran etik kepolisian. "Saya sudah minta Propam untuk menindaklanjuti ya. (Jika terbukti melanggar etik) kita akan berikan sanksi tegas ya kepada anggota," tegas mantan Kadiv Propam Polri itu di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (19/6).

Kapolda yang akrab disapa Iwan Bule itu mencontohkan kasus anggota Brimob di Pamulang yang diduga stres. Lalu, menembakkan senjata api (senpi) ke rumah anggota DPR RI Jazuli Juwaini. "Seperti kasus penembakan ke umah anggota DPR di Pamulang, kami sanksi tegas. Kelalaian pun saya beri sanksi, apalagi itu sengaja," jamin alumni Akpol 1984 itu.

Sejauh ini, papar Iriawan, pihaknya sudah memeriksa tiga oknum anggota Brimob terkait hal tersebut. Iriawan juga meminta agar tidak menggeneralisir anggota Brimob PMJ. Mengingat, pihak kepolisian selama ini sudah melakukan langkah-langkah yang humanis ketika berhadapan dengan masyarakat.

"Itu (tindakan humanis) sudah kami lakukan. Sekarang jauh lebih baik. Ya ini diantara sekian ribu (anggota Brimob), ada saja tipikal orang yang berlainan. Oknum namanya. Jangan dijustifikasi," imbau Iriawan.

Aksi arogansi dan kekerasan oknum aparat Brimob dialami Yoga saat meliput kejuaraan badminton di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (18/6) sore. Saat itu, korban yang tengah mengantre di ATM JCC, dihampiri seorang anggota Brimob bernama Adam dan memandangnya seolah dicurigai sebagai kriminal.

Sempat ribut mulut, korban akhirnya ditarik paksa oleh Adam dan beberapa rekannya sesama anggota Brimob. Bahkan, korban sempat dimaki, diajak berkelahi, diancam culik hingga hendak "dikokang" oleh oknum anggota tersebut. Padahal, korban masih mengenakan ID card peliput kejuaraan bulu tangkis Indonesia Terbuka tersebut.  [ian]

Komentar Pembaca
Prabowo Puji Mahasiswa UBK

Prabowo Puji Mahasiswa UBK

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 21:00:00

Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

PDIP Sedih Dengan Doa Tifatul

PDIP Sedih Dengan Doa Tifatul

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

Polisikan Karyawan PUPR

Polisikan Karyawan PUPR

KAMIS, 01 JUNI 2017 , 12:00:00

SABTU, 17 JUNI 2017 , 16:46:00

KAMIS, 15 JUNI 2017 , 20:19:00