Data Pemilih Pilkada Di Babel Masih Bermasalah

Politik  SABTU, 17 JUNI 2017 , 17:48:00 WIB

Data Pemilih Pilkada Di Babel Masih Bermasalah

Adet Mastur/Net

RMOL. DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyoroti persoalan data pemilih menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), khususnya yang akan berlangsung pada tahun depan untuk tiga wilayah di Babel. Lewat Komisi I, DPRD Babel menilai berkenaan dengan Pilkada ada keributan yang mendasar soal data pemilih. Banyak diantara penduduk di daerah tertentu masih belum memiliki identitas, sehingga hak memilihnya tidak dapat tersampaikan di masa pemilihan.
Berkenaan dengan itu, menurut Ketua Komisi I DPRD Babel, perlu adanya sosialisasi dari pemerintah daerah ke masyarakat agar penduduk memiliki identitas, KTP dan juga kartu keluarga. Dengan begitu, mereka dapat menggunakan hak pilih mereka dalam setiap pilkada.

Dijelaskannya, Komisi I DPRD Babel sudah melakukan rapat koordinasi terkait data kependudukan tersebut. Apakah nanti menggunakan data dari Dukcapil, KPU atau data dari Badan Pusat Statistik (BPS). "Makanya ini harus disinkronkan, kita sudah melakukan rapat koordinasi terkait data kependudukan ini. Agar data ini bisa digunakan untuk Pilkada," ungkap Adet didampingi Wakil Ketua Komisi Bong Ming Ming, Jumat (16/6).

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, pemerintah dapat mengantisipasi dengan mengeluarkan edaran yang sudah melakukan perekaman bisa memilih memilih dengan surat keterangan dari Dukcapil. "Ini harus ada sosialisasi lagi mengenai data kependudukan. Harus ada data kependudukan yang riil, bila perlu di anggarkan lagi mendata kembali jumlah penduduk di Babel ini," ujarnya.

Menurut Adet, beberapa permasalahan data kependudukan menjadi persoalan mendasar karena data kependudukan berubah-ubah. Untuk itu, perlu dilakukan verifikasi data yang benar. Pemda harus mendata ulang dengan maksimal agar persoalan ini tidak menjadi penyebab keributan di kala Pilkada akan dilangsungkan. "Data ini berubah-ubah harus verifikasi di dukcapil dan KPU. Ada pemilih pemula, yang meninggal ini mesti verifikasi. Pemda harus pendataan ulang," katanya. [ana]

Komentar Pembaca
AHY Kandidat Terkuat Demokrat

AHY Kandidat Terkuat Demokrat

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 19:00:00

BAZNAS Layani 1.000 Pengungsi Rohingya

BAZNAS Layani 1.000 Pengungsi Rohingya

KAMIS, 19 OKTOBER 2017 , 19:00:00

Forum Wartawan OBOR Diresmikan

Forum Wartawan OBOR Diresmikan

RABU, 18 OKTOBER 2017 , 19:00:00

Buka IMT-GT Join Business Council Meeting 2017

Buka IMT-GT Join Business Council Meeting 2017

RABU, 27 SEPTEMBER 2017 , 09:16:00

Target Tiga Besar

Target Tiga Besar

SENIN, 25 SEPTEMBER 2017 , 20:29:00