Yuk Intip Pesona Air Terjun Tujuh Tingkat Desa Dalil

Pariwisata  MINGGU, 21 MEI 2017 , 11:09:00 WIB

Yuk Intip Pesona Air Terjun Tujuh Tingkat Desa Dalil

Foto/IST

Air Terjun Tujuh Tingkat Desa Dalil, Alternatif Wisata Pulau Bangka Yang Mempesona

RMOL. Tempat Wisata di Pulau Bangka yang terkenal adalah pantainya yang berpasir putih. Pulau Bangka memiliki puluhan paantai yang indah. Namun tidak itu saja, ternyata Pulau Bangka juga memilliki Air Terjun yang mempesona yang menambah khazanah wisata alam Pulau Bangka, yaitu Air Terjun Tujuh Tingkat Bukit Buik.

Air Terjun Tujuh Tingkat terletak di Bukit Buik Desa Dalil Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. Bukit Buik bersebelahan langsung dengan Bukit Maras. Air Terjun Tujuh Tingkat ini masih berada dalam kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Maras seluas 16.806,91 Ha yang telah ditetapkan dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor : SK.576/Menlhk/Setjen/PLA.2/7/2016 tanggal 27 Juli 2016.

Dilansir di laman, babelprov.go.id, Air Terjun Tujuh Tingkat Bukit Buik Desa Dalil ini sungguh mempesona, keindahannya tersembunyi diantara hutan-hutan bukit buik yang masih asri dan terjaga keasliannya. Air terjun ini sangat cocok dikunjungi oleh jiwa-jiwa petualang, karena akses untuk mencapai air terjun ini membutuhkan tenaga ekstra, melewati rute jalan setapak dan mendaki yang cukup melelahkan.

Babelprov.go.id pun mencoba berkunjung menikmati wisata Air Terjun Tingkat Tujuh Bukit Buik Desa Dalil ini bersepeda bersama  21 orang pesepeda dari  Tim Komunitas Sepeda Sehat (KSS Pangkalpinang) yang sebagian besar anggotanya adalah PNS Pemprov Babel, dengan di dampingi tourguide dari masyarakat setempat yaitu Saudara Junaidi Putra.

Sabtu (20/5) Pagi pukul 06.00 WIB, Tim memulai perjalanan dari Kota Pangkalpinang menggunakan 2 unit mobil pickup yang membawa 21 unit sepeda  dan 3 mobil minibus untuk membawa para goweser menuju Desa Dalil dan turun di lapangan bola desa dalil untuk memarkirkan mobil.

Kami mulai bersepeda dari lapangan bola desa dalil menuju bukit buik melewati perkampungan desa dalil, kebun-kebun lada masyarakat dan memasuki areal perkebunan sawit milik PT Gunung Maras Lestari yang jalannya cukup baik dan menantang untuk dilewati sepeda berupa jalan tanah merah berkerikil yang berbukit naik turun. Kami melalui etape pertama ini selama kurang lebih 1,5 jam bersepeda santai dan berhenti di titik pertama beristirahat di pondok kebun masyarakat di kaki bukit buik serta menitipkan sepeda.

Perjalanan selanjutnya dilanjutkan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 1,5 jam yang cukup melelahkan menyusuri hutan, mendaki bebatuan bukit buik, berjalan diantara akar pepohonan, sambil menikmati udara sejuk dan teduh terlindung oleh pepohonan menjulang tinggi.

Namun rintangan-rintangan tersebut tidak akan begitu terasa karena kami disuguhi pemandangan yang cukup indah selama pendakian. Aliran sungai bukit buik yang berair sejuk dan hutan yang masih asri terjaga keasliannya  akan memanjakan mata kita, bahkan pohon-pohon pelawan pun dapat dengan mudah dijumpai tumbuh diantara bebatuan cadas bukit buik.

Semua rintangan dan lelah ini terbayar setelah kami mencapai lokasi air terjun tingkat yang pertama, keindahannya yang alami mempesonakan mata dan rasanya ingin cepat-cepat berendam dan mandi menikmati air terjun ini, airnya yang sejuk sangat menyegarkan setelah pendakian yang melelahkan.

Untuk bersantai ria atau camping, maka tingkat yang lebih tepat adalah pada air terjun tingkat keempat. Disini topografi tanah disekitar air terjunnya cukup landai dan teduh. Airn terjunnya pun dingin serta memiliki kolam yang dapat digunakan untuk berenang kecil dan berendam. Dari sini juga kita dapat menikmati pemandangan indah hutan dan perkebunan sawit dikaki bukit buik, sembari tiduran dihammock yang diikat dipohon sekitar kolam air terjun. Sungguh lokasi dan pemandangan yang indah.

Namun sayang, pengelolaan lokasi wisata Air Terjun Tujuh Tingkat Bukit Buik Desa Dalil ini belum mendapat sentuhan pemerintah sama sekali, semua masih serba apa adanya. Padahal Air Terjun ini sungguh sangat indah dan memiliki tingkatan yang banyak, jadi kita tidak akan bosan untuk terus mengeksplornya. Bahkan dikabarkan dikawasan Taman Nasional Bukit Maras ini memiliki banyak air terjun, diantaranya ada Air Terjun Bolang di kaki Bukit Maras yang pernah disiarkan melalui acara Si Bolang di TV Nasional Trans 7. [ana]


Komentar Pembaca