Babel Direncanakan Jadi Sister Province Ehime

Pariwisata  SENIN, 03 OKTOBER 2016 , 14:53:00 WIB

Babel Direncanakan Jadi Sister Province Ehime


Hal itu diungkapkan dalam pertemuan antara Duta Besar Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra dan Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendy pekan kemarin.

Pertemuan tersebut secara khusus membahas potensi peningkatan hubungan kerjasama di berbagai bidang dengan Jepang, terutama Prefektur Ehime.

"Pertemuan ini merupakan tindak lanjut hasil pertemuan dengan Gubernur Prefektur Ehime sebelumnya yang berkeinginan untuk meningkatkan kerjasama melalui pembentukan Sister Province ataupun Sister City,” kata Dubes Yusron.

Rencana pembentukan Sister City itu dilakukan karena Ehime dinilai memiliki sejumlah persamaan dengan Bangka Belitung. Di antaranya adalah karakteristik wilayah berupa kepulauan yang dikelilingi oleh pantai dengan beragam kontur serta pemandangan yang indah.

Disamping itu, Ehime memiliki program Wisata Sepeda Dunia yang terkenal yaitu Shimanami Kaido Cycling .

"Kita juga ingin Babel memiliki wisata sepeda tropical cycling bagi para turis Jepang sambil menikmati keindahan alam dan pantai di Babel," sambungnya seperti rilis yang diterima redaksi (Selasa, 15/3).

Lebih jauh kedua belah pihak membahas berbagai potensi yang dapat dikembangkan oleh Babel dan Ehime seperti sektor maritim, pariwisata, tenaga perawat dan program eco green land dalam pemulihan kawasan bekas tambang timah. Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang telah menetapkan salah satu daerah di Bangka Belitung yaitu Tanjung Kelayang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). [mel]



Komentar Pembaca